Kepala BSKDN Kemendagri Imbau Pemkot Parepare Genjot Capaian Inovasi dalam IID

Kepala BSKDN Kemendagri Imbau Pemkot Parepare Genjot Capaian Inovasi dalam IID
Kepala BSKDN Kemendagri Yusharto Huntoyungo saat melakukan kunjungan kerja di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, Selasa (5/3). Foto: Humas BSKDN

jpnn.com - PAREPARE – Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri (BSKDN Kemendagri) Yusharto Huntoyungo mengimbau Pemerintah Kota Parepare Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggenjot capaian inovasi dalam Indeks Inovasi Daerah (IID).

Adapun skor hasil validasi inovasi 2023 Kota Parepare mencapai 57,85 berkategori inovatif. Skor tersebut diharapkan akan makin meningkat dari tahun ke tahun.

"Mudah-mudahan mencapai skor 65 ke depan total nilai inovasinya. Kami akan tunggu, bukan sekedar tunggu, tetapi kami akan terus memantau dan memastikan Parepare akan makin baik ke depannya," kata Yusharto Huntoyungo saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare pada Selasa (5/3).

Yusharto mengatakan, upaya peningkatan skor inovasi dapat dimulai dengan memperkuat tahap inisiasi dengan melibatkan berbagai pihak termasuk Perguruan Tinggi.

Pemkot Parepare dapat memanfaatkan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik dari Perguruan Tinggi sebagai wadah untuk melahirkan berbagai ide kreatif terkait pengembangan inovasi.

"Daerah bisa memberi mahasiswa beasiswa yang mendorong mereka untuk berinovasi meski itu baru pada tahap ide kreatif, kemudian pengembangan dilakukan selanjutnya," tambahnya.

Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo juga mengimbau agar Pemkot Parepare dapat mendata setiap hal yang berpotensi menjadi inovasi.

Data yang terkumpul dapat dimanfaatkan untuk melihat kembali inovasi mana saja yang sudah bisa dilaporkan kepada Kemendagri melalui aplikasi IID.

Kepala BSKDN Kemendagri Yusharto Huntoyungo mengimbau Pemkot Parepare menggenjot capaian inovasi dalam Indeks Inovasi Daerah (IID).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News