Kepala SMAN 3 Yang Dicopot Ahok Itu Dikenal Jujur

Kepala SMAN 3 Yang Dicopot Ahok Itu Dikenal Jujur
Kepala SMAN 3 Yang Dicopot Ahok Itu Dikenal Jujur

jpnn.com - JAKARTA - Mantan Kepala Dinas Pendidikan Lasro Marbun menyatakan, eks Kepala SMA Negeri 3 Jakarta Retno Listyarti merupakan orang pertama di sekolah negeri di Ibukota yang mendeklarasikan program transparansi pengelolaan anggaran di sekolah.

Menurut Lasro, Retno melakukan hal itu ketika menjabat sebagai kepala sekolah SMA 76 pada tahun 2014. Ketika itu, dia membuat website www.sman76jakarta.sch.go.id yang merupakan bagian peluncuran program sekolah indah, damai dan antikorupsi.

"Beliau yang mengimplementasikan dan pertama mendeklarasikan. Dimulai dari SMA 76, baru setelah itu menyebar ke mana-mana," kata Lasro di Balai Kota, Jakarta, Senin (18/5).

Namun, Lasro yang kini menjadi Kepala Inspektorat DKI, menolak berkomentar lebih banyak mengenai pencopotan Retno sebagai Kepala Sekolah SMAN 3.

Sebelumnya, Ketua Serikat Guru Indonesia Jakarta Heru Purnomo mengatakan, Retno adalah sosok yang sangat mengedepankan transparansi dalam penggunaan anggaran. ‎

"Anggaran SMA 76 bisa diakses oleh siapa saja melalui websitenya www.sman76jakarta.sch.go.id. Beliau sudah melakukan transparansi anggaran di tingkat sekolah saat kepala-kepala sekolah negeri yang lain masih alergi dengan keterbukaan ini," kata Heru di kantor LBH Jakarta, Minggu (17/5).

Selain itu, sambung Heru, Retno juga pernah mengembalikan sisa dana bantuan operasional pendidikan sebesar Rp 400 juta pada akhir 2014. "Sebelumnya tidak pernah ada yang seperti itu," ujar Heru.‎ (gil/jpnn)

 

JAKARTA - Mantan Kepala Dinas Pendidikan Lasro Marbun menyatakan, eks Kepala SMA Negeri 3 Jakarta Retno Listyarti merupakan orang pertama di sekolah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News