Kepemimpinan Joe Biden-Kamala Harris Cerminkan Wajah Baru Amerika Serikat

Kepemimpinan Joe Biden-Kamala Harris Cerminkan Wajah Baru Amerika Serikat
Joe Biden menjadi Presiden ke 46 Amerika Serikat dan yang tertua ketika memulai masa jabatannya. (AP: Saul Loeb)

Melanjutkan apa yang sudah terjadi di tahun 2008, kepemimpinan baru di Amerika Serikat menghadirkan wajah-wajah yang lebih mencerminkan keberagaman negeri itu.

  • Kamala Harris menjadi perempuan keturunan Afrika dan Asia Selatan pertama yang menjadi Wakil Presiden
  • Mantan presiden AS Donald Trump meninggalkan Washington ke Florida sebelum upacara
  • Dalam pidatonya Presiden Biden menyerukan warga AS mengesampingkan perbedaan mereka

 

Presiden Joe Biden dilantik sebagai presiden Amerika Serikat ke-46, bersumpah untuk mengakhiri "perang tidak beradab" di negeri yang terbelah akibat babak belurnya ekonomi dan semakin parahnya pandemi COVID-19.

Dalam tugas pertamanya sebagai presiden, Biden menandatangani beberapa perintah eksekutif untuk membatalkan keputusan yang sudah dibuat presiden sebelumnya Donald Trump di bidang imigrasi dan perubahan iklim.

Di usianya yang ke-78, ia menjadi presiden AS tertua, sekaligus presiden penganut agama Katolik kedua, setelah John F Kennedy di tahun 1961.

"Ini adalah hari Amerika," kata Biden yang sebelumnya disumpah menggunakan Kitab Suci milik keluarga mereka yang sudah berusia 127 tahun di tangga gedung Capitol di Washington DC.

"Ini adalah hari demokrasi. Sebuah hari penuh sejarah, harapan, pembaruan, dan penuh tekad."

Wakil Presiden Kamala Harris menjadi warga kulit hitam keturunan Asia Selatan dan perempuan pertama yang menjadi wakil presiden AS.

Melanjutkan apa yang sudah terjadi di tahun 2008, kepemimpinan baru di Amerika Serikat menghadirkan wajah-wajah yang lebih mencerminkan keberagaman negeri itu

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News