Kepemimpinan Puan Maharani di DPR Patut Diapresiasi

Kepemimpinan Puan Maharani di DPR Patut Diapresiasi
Ketua DPR Puan Maharani berpidato dalam Rapat Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/9/2020). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.

jpnn.com, JAKARTA - Kinerja Ketua DPR RI Puan Maharani dalam memimpin DPR RI mendapat apresiasi. Selain dinilai lebih responsif dalam mendengar aspirasi rakyat, pada usia 75 tahun DPR RI, Puan dinilai berhasil meningkatkan konsistensi DPR dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi).

Demikian disampaikan Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Sirajuddin Abbas, kepada wartawan, Jakarta, Rabu (2/9).

Menurutnya, dilihat dari kinerja di tahun pertama, Puan dan pimpinan DPR lainnya punya potensi besar untuk mampu merombak dan meningkatkan kinerja DPR.

"Tahun pertama Ibu Puan memimpin DPR cukup bagus. Meski masih ada perbaikan kinerja yang perlu diselesaikan, kepemimpinan Ketua DPR sejauh ini patut diapresiasi," kata Sirajuddin.

Kata Sirajuddin, pimpinan dan anggota DPR saat ini terlihat cukup aktif dan mudah meresponS permintaan dan undangan masyarakat. "Terutama melalui forum-forum online. Ini indikasi penting DPR cukup aktif mendengar, menampung dan memikirkan aspirasi rakyat," terangnya.

Meski dilanda Pandemi Covid-19 dan memaksa DPR mengubah pola kerja, kata Sirajuddin, sejauh ini tidak mengganggu kinerja dalam menjalankan Tupoksinya. Sebab, DPR tetap melakukan sidang lebih banyak dengan cara online.

"Pada saat yang sama, dalam beberapa bulan selama Covid, DPR juga tetap produktif membahas dan menyelesaikan sejumlah undang-undang penting," katanya.

Sirajuddin mengatakan, aspek produktivitas penyelesaian agenda-agenda legislatif tetap harus jadi perhatian utama. Agenda penting lain adalah mendorong dan memastikan anggota DPR lebih aktif hadir dalam sidang-sidang di DPR. Baik secara fisik maupun online.

Dilihat dari kinerja di tahun pertama, Puan Maharani dan pimpinan DPR lainnya punya potensi besar untuk mampu merombak dan meningkatkan kinerja dewan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News