Kepuasan Publik kepada Jokowi Rekor Tertinggi, Ini Fenomena Baru

Kepuasan Publik kepada Jokowi Rekor Tertinggi, Ini Fenomena Baru
Kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) rekor tertinggi. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Indometer mencatat tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencapai 81,4 persen.

Survei tersebut bahkan menyatakan 9,6 persen di antara responden menyatakan sangat puas kepada kinerja suami Iriana itu.

"Di tengah tingginya tingkat kepuasan publik yang menembus 81,4 persen, Jokowi menjadi faktor penentu dalam Pilpres 2024," kata Direktur Eksekutif Indometer Leonard SB dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (20/6).

Leonard menyebut tetap tingginya tingkat kepuasan publik, bahkan mencapai rekor tertinggi di atas 80 persen, merupakan fenomena yang baru terjadi pada masa Jokowi.

Hal itu berbeda dengan era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang pada akhir periode kedua masa jabatannya, hanya separuh yang merasa puas.

Berbeda dengan para pendahulunya, Jokowi tidak bersikap diam dan berpangku tangan dalam kontestasi untuk memilih pemimpin nasional berikutnya.

Menurut Leonard, Jokowi mendorong sejumlah tokoh untuk maju, baik sebagai calon presiden maupun calon wakil presiden.

"Jokowi tidak ingin legasi pembangunan yang telah diletakkannya dirusak oleh sosok yang tidak dapat dipercayainya," tutur Leonard.

Hasil survei Indometer mencatat tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi menunjukkan rekor tertinggi. Ini sebuah fenomena baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News