Keputusan Ganjar soal Semen Rembang Sudah Tepat

Keputusan Ganjar soal Semen Rembang Sudah Tepat
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Keputusan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerbitkan kembali izin lingkungan terbaru untuk PT Semen Indonesia di Kabupaten Rembang dinilai bijaksana.

Pasalnya, sebelum menerbitkan izin yang baru, Ganjar terlebih dahulu mengundang panel ahli analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) yang ada di Jawa Tengah.

Dia juga mengundang pihak-pihak yang kontra maupun pro terhadap pendirian pabrik.

Dengan demikian, keputusan yang diambil benar-benar berdasarkan pertimbangan matang.

Tak hanya dari segi lingkungan, persaingan pasar global, ekonomi rakyat dan pemerintah daerah, tapi juga aset negara yang harus diselamatkan.

"Jadi saya menilai, tindakan Ganjar menunjukkan bahwa negara hadir di waktu dan situasi yang tepat. Karena sudah mematuhi amar keputusan MA," ujar pengamat sosial Djuni Thamrin PhD di Jakarta, Jumat (24/2).

Pengajar di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya ini meyakini, langkah Ganjar memberi iklim yang baik bagi dunia usaha di Indonesia.

"Langkah kebijakan Ganjar adalah bentuk win-win solution atas keberatan warga yang kontra maupun pro. Mari bangun Indonesia baru yang sejahtera, adil dan berkelanjutan," tutur Djuni.

Keputusan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerbitkan kembali izin lingkungan terbaru untuk PT Semen Indonesia di Kabupaten Rembang dinilai bijaksana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News