Keras, Amien Rais Kritik Pemerintahan Jokowi, Kali Ini soal Utang

Keras, Amien Rais Kritik Pemerintahan Jokowi, Kali Ini soal Utang
Amien Rais. Foto: Boy Muhamad/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Amien Rais kembali melontarkan kritik keras kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kali ini Amien menyoroti langkah pemerintah yang menerbitkan surat utang dengan tenor terlama sepanjang sejarah Indonesia, yakni 50 tahun.

Mantan Ketua MPR yang juga pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) itu menyebut Presiden Jokowi akan pensiun dengan meninggalkan utang bagi anak bangsa.

“Pahlawan gugur sbg bunga bangsa, @jokowi pensiun meninggalkan bunga hutang bgi anak bangsa,” cuit Amien Rais melalui akun Twitternya, @Aminn_Rais, Rabu (8/4).

Menurut Amien, lembaga-lembaga rating seperti Moody’s, Standard & Poor’s akan terus memberi pemeringkatan yang bagus secara investment grade agar Indonesia digiring ke debt trup.

Debt trap merupakan istilah dalam akuntansi keuangan yang menggambarkan suatu kondisi anggara di mana upaya untuk memperoleh pinjaman atau utang digunakan justru untuk menutup pembayaran utang.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, Indonesia menerbitkan surat utang dengan denominasi dolar.

Ada tiga jenis surat utang yang diterbitkan pemerintah Indonesia dengan tenor terpanjang, yakni selama 50 tahun. Nilainya mencapai US$ 4,3 miliar atau Rp 68,6 triliun (kurs Rp 16.000).

Amien Rais mengkritik pemerintah Presiden Jokowi yang menerbitkan surat utang dengan tenor terlama sepanjang sejarah Indonesia, yakni 50 tahun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News