Kerbau Silangit Ini Istimewa, Dahinya Seperti Memiliki Sorban

Kerbau Silangit Ini Istimewa, Dahinya Seperti Memiliki Sorban
Kerbau perah Silangit. Foto : Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Salah satu unit pelaksana teknis (UPT) di Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) yaitu Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU HPT) Siborongborong bersiap untuk melepas rumpun kerbau perah baru.

Menurut Kepala BPTU HPT Siborongborong Wisnu Adi Saputra, usulan nama kerbau perah Silangit sengaja dipilih untuk mempopulerkan daerah Silangit yang juga wilayah sebaran asli geografis kerbau perah di Sumatera Utara.

BACA JUGA : Kabar Terbaru Perpanjangan SKT untuk FPI, Ini Kata Mendagri

Sementara itu, Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Sugiono mengatakan, karakteristik kerbau perah Silangit berbeda dengan kerbau perah yang ada di daerah lain karena memiliki gelambir dada, tanduk spiral, dahi seperti memiliki sorban, ujung ekor putih, dan warna tubuh dominan hitam.

”Karakteristik itu merupakan gabungan dari karakter tiga rumpun kerbau yang menjadi keunikan kerbau perah Silangit dan perlu dicatat lebih mendalam oleh tim pengumpul data kualitatif dan kuantitatif,” kata Sugiono, Selasa (18/7).

Sugiono mengatakan, proposal pelepasan kerbau perah ini disusun oleh Silangit Fuad Hasan. Proposal dibuat dengan mengacu pada Permentan Nomor 117 tahun 2014, dan dukungan data dari BPTU HPT Siborongborong.

BACA JUGA : Gelar Pesta Terlarang di Losmen, Tidak Berkutik saat Digerebek

Sugiono menyatakan bahwa program pengembangan kerbau perah Silangit perlu disampaikan dalam proposal agar bisa diketahui secara pasti bahwa program pemuliaan ini tidak berhenti setelah mendapatkan SK Menteri Pertanian.

Program pengembangan kerbau perah Silangit perlu disampaikan dalam proposal agar bisa diketahui secara past

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News