Keren, 12 BUMN ini Kompak Dukung Pengembangan Pariwisata Joglosemar

Keren, 12 BUMN ini Kompak Dukung Pengembangan Pariwisata Joglosemar
Sebanyak 12 BUMN melakukan sinergi untuk mendukung pengembangan pariwisata di Yogyakarta-Solo-Semarang (Joglosemar). Foto Dok Humas Pelindo III

jpnn.com - SLEMAN – Sebanyak 12 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kompak menyatakan komitmennya dalam mendukung pengembangan pariwisata di kawasan Yogyakarta-Solo-Semarang (Joglosemar). Komitmen itu mereka sampaikan di hadapan Menteri BUMN Rini Soemarno, di Prambanan, Sleman, Rabu (27/4).

Komitmen itu mereka wujudkan dalam perjanjian kerjasama untuk promosi pariwisata, pengembangan kawasan wisata, dan integrasi antarmoda transportasi di koridor Joglosemar.

Rini mengatakan komitmen bersama 12 BUMN dalam mendukung tercapainya target kunjungan 2 juta wisatawan di kawasan Joglosemar pada 2019 mendatang.

"Saat ini, kunjungan ke kawasan tersebut masih sekitar 200 ribu wisatawan setiap tahunnya. Kalau dihitung akan ada peningkatan 10 kali dari jumlah kunjungan saat ini," ucap Rini.

Sejumlah rencana besar telah disiapkan BUMN dalam mendukung peningkatan kunjungan wisatawan. Seperti pembangunan bandara baru di Kulon Progo, Yogyakarta dan revitalisasi di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sebagai pintu masuk wisatawan dengan kapal pesiar.

Selain itu, ada rencana pembangunan rel kereta api yang menghubungkan Bandara Adi Soemarmo, Solo, dengan jalur kereta api ke Yogyakarta. "Di darat, Damri juga harus siap mendukung integrasi intermoda transportasi," kata Rini.

Adapun, ke-12 BUMN dan anak usaha BUMN yang turut dalam kerja sama tersebut yaitu Pelindo III, Garuda Indonesia, Angkasa Pura I, Kereta Api Indonesia, Perum Perhutani, PTPN IX, Perum Damri.

Kemudian, Taman Wisata Candi, Hotel Indonesia Natour, ITDC, Patra Jasa dan Aerowisata. Selain itu, turut hadir Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Kepala Dinas Pariwisata Jawa Tengah Prasetyo Ari Wibowo. (chi/jpnn)

SLEMAN – Sebanyak 12 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kompak menyatakan komitmennya dalam mendukung pengembangan pariwisata di kawasan Yogyakarta-Solo-Semarang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News