Keren! Armada PIS Penuhi Standar Internasional Pascakantongi COC US Coast Guard

Keren! Armada PIS Penuhi Standar Internasional Pascakantongi COC US Coast Guard
PIS kantongi Sertifikat Kepatuhan (Certificate of Compliance) dari United States Coast Guard (USCG) diterbitkan terhadap kapal berbendera asing yang berlayar di perairan Amerika Serikat. Foto: Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina International Shipping (PIS) sebagai Subholding Shipping PT Pertamina (Persero) terus bergerak cepat untuk mengembangkan bisnisnya dan menjadi urat nadi dalam pendistribusian energi untuk negeri.

Kecepatan tersebut harus berbanding lurus dengan kepercayaan yang diberikan oleh stakeholder maritim internasional melalui proses sertifikasi yang dapat mencerminkan nilai-nilai safety internasional telah diterapkan pada Kapal milik PIS.

Sertifikat Kepatuhan (Certificate of Compliance) dari United States Coast Guard (USCG) diterbitkan terhadap kapal berbendera asing yang berlayar di perairan Amerika Serikat.

Sertifikat itu merupakan salah satu indikator terpercaya di industri maritim internasional karena pemeriksaan tersebut diterapkan dengan standar yang tinggi untuk memastikan terlaksananya perdagangan yang aman di seluruh wilayah transportasi laut dalam yurisdiksi Amerika Serikat.

Kapal Pertamina Gas 2 (PG 2) milik PIS yang baru saja melakukan pelayaran perdana untuk mengangkut kargo LPG dari LPG Export Terminal milik Phillips 66 di Freeport, Texas, USA ke Indonesia mencatatkan sejarah sebagai kapal kargo milik PIS pertama yang memperoleh Certificate of Compliance examination dari USCG.

Kapal PG2 ini dinahkodai oleh Capt. Dasuki dengan 27 orang kru yang seluruhnya berkebangsaan Indonesia mengangkut total 45,000 MT LPG milik Subholding Commercial and Trading.

“Saya tentunya sangat senang karena dengan dikeluarkannya sertifikat ini menunjukkan bahwa Pertamina Gas 2 dapat melakukan segala aktivitas terutama di perairan Amerika Serikat,” ujarnya.

Pemeriksaan menyeluruh terhadap Kapal PG2 dilakukan oleh USCG Inspector sering juga disebut Port State Control Officer (PSCO), yang meninjau sistem kargo kapal, ruang mesin, peralatan navigasi, sistem pemadam kebakaran, dan peralatan keselamatan untuk memastikan kepatuhan terhadap hukum, peraturan, dan perjanjian Amerika Serikat dan internasional.

PIS kantongi Sertifikat Kepatuhan (Certificate of Compliance) dari United States Coast Guard (USCG) diterbitkan terhadap kapal berbendera asing yang berlayar di perairan Amerika Serikat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News