Keren! Ganjar Bikin Jateng Jadi Provinsi Dengan Pengawasan Pangan Segar Terbaik

Keren! Ganjar Bikin Jateng Jadi Provinsi Dengan Pengawasan Pangan Segar Terbaik
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: dok Humas Pemprov Jateng

jpnn.com, WONOSOBO - Badan Pangan Nasional (Bapanas) menobatkan Jateng menjadi provinsi dengan pengawasan pangan segar terbaik di Indonesia, melalui Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Jateng.

OKKPD merupakan otoritas yang berwenang melakukan pengawasan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT), sebelum beredar dan saat berada di pasaran.

Pengawasan tersebut guna menjaga keamanan pangan bagi masyarakat.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, pihaknya selama ini terus mendorong seluruh jajara OKKPD untuk maksimal bekerja.

Pria 54 tahun ini juga telah menyiapkan SDM berkompeten di bidang pengawasan pangan segar.

"Hampir semua sektor dan sub sektor kami minta untuk selalu bekerja soal itu dan mereka secara teknis punya pengalaman untuk melakukan itu," ujar Ganjar di Balai Desa Kadingrejo, Kepil, Kabupaten Wonosobo, Jateng, Kamis (29/12).

OKKPD memiliki peran penting dalam menerbitkan sertifikat  mengawasi beredarnya pangan segar asal tumbuhan. Pengawasan yang dilakukan OKKPD antara lain pengecekan label dan penanganan PSAT yang baik, pengambilan dan pengujian sampel, serta penanganan kasus keamanan pangan.

Pemprov Jateng juga melakukan pembinaan kepada OKKPD kabupaten/kota. Selama kurun satu tahun sejak 2021, total sudah ada 1.341 izin edar pangan skala kecil (PSAT-PDUK) dan 214 izin usaha skala menengah yang diterbitkan oleh pemkab/ pemkot.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali mengukir prestasi dalam memimpin Jateng.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News