Keren juga Inovasi 'Sijada' yang Dikembangkan KPU Bantul ini, Simak Kelebihannya

Keren juga Inovasi 'Sijada' yang Dikembangkan KPU Bantul ini, Simak Kelebihannya
Sistem Informasi Jaga Data (Sijada) yang dikembangkan KPU Bantul, DIY. (Foto ANTARA/HO/Humas KPU Bantul)

jpnn.com, BANTUL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menghadirkan sebuah inovasi yang diberi nama Sistem Informasi Jaga Data (Sijada).

Inovasi 'Sijada' merupakan salah satu upaya KPU Bantul meningkatkan peran masyarakat untuk lebih peduli terhadap data pemilih.

"Program Sijada dikembangkan sebagai upaya meningkatkan peran masyarakat untuk lebih peduli terhadap data pemilih," ujar Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Bantul, Joko Santosa di Bantul, Minggu (4/7).

"Selain itu juga sebagai ruang edukasi tentang pentingnya masyarakat mengetahui hak pilih sebagai hak konstitusional yang dilindungi undang undang," ucapnya menambahkan.

Menurut Joko dalam program Sijada KPU Bantul menyiapkan formulir pemutakhiran data pemilih secara online melalui link google doc.

Dengan demikian masyarakat dapat memberikan tanggapan dan masukan terhadap data pemilih di seluruh wilayah Kabupaten Bantul.

"Masyarakat juga bisa melakukan update data, seperti jika pindah domisili antarkecamatan, perubahan identitas data, perubahan status pekerjaan, atau melaporkan anggota keluarga yang sudah meninggal," katanya.

Dia mengatakan, untuk akses link ini dapat melalui, http://bit.ly/formdpbkpubantul2021.

Inovasi 'Sijada' yang dikembangkan KPU Bantul ini cukup keren, simak sejumlah kelebihannya.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News