Keren! Menpar Arief Yahya Acungkan Jempol untuk AP I

Keren! Menpar Arief Yahya Acungkan Jempol untuk AP I
Menteri Pariwisata Arief Yahya. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya tiga kali memberi acungan jempol pada manajemen Angkasa Pura I (AP I) yang membawahi bandara-bandara di Indonesia tengah dan timur. Pasalnya, BUMN yang kini dipimpin Sulistyo Wimbo S. Hardjito itu rupanya sudah menyisipkan variabel tourism dalam mendesain airport dan membangun komunitasnya.

Salah satu contohnya adalah Bandara Ngurah Rai di Bali yang berada di bawah pengelolaan AP I. Namun, bandara-bandara lain yang dikelola AP I pun kental dengan nuansa pariwisata.

Karena itu Menpar Arief Yahya memuji AP I yang sangat concern terhadap siapa saja yang menjadi pelanggannya. “Keren!  Presentasinya sangat marketing,” kata Arief di kantor AP I Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (7/9).

Menurutnya, AP I mampu memberi kesan pertama yang sangat mendalam kepada wisatawan mancanegara (wisman) yang baru saja mendarat. Sebab, AP I benar-benar menampilkan wajah Indonesia di setiap bandara yang dikelolanya.
 
“Bandara itu menjadi wajah Indonesia. Di bandaralah first impression bagi wisman itu didapat, begitu mendarat ke tanah air. AP I merias muka dengan menciptakan atmosfer yang kaya sentuhan destinasi,” kata Arief.

Menpar Arief Yahya mencatat ada program berkelanjutan bernama Collaborative Destination Development (CDD) di hampir semua bandara. Nuansanya sudah mempromosikan Wonderful Indonesia di banyak lokasi. Cara memopulerkan bandara adalah dengan mengeksplorasi destinasi yang berada di kawasan tersebut.

“Dan itu benar, tourism itu nomor satu, disusul dengan trade dan investment disingkat TTI. Tourism dulu, baru orang bisa trading, lalu ujungnya berani investment,” kata Arif.

Ia lantas mencontohkan Bandara  Sam Ratulangi yang pada 27 Agustus 2016 juga ada program CDD. Lalu dilanjut dengan lomba lari dengan tittle: Airport Running Series Manado pada 19 Maret 2016.

Hal sama juga dilakukan AP I di Solo. Diawali dengan focus group discussion (FGD) bersama para stakeholder di Bandara Adi Sumarmo pada 20 Desember 2005. Juga di Lombok Mataram, pada 10 Desember 2015, dilanjutkan dengan Mataram Airport Running Series.

JAKARTA – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya tiga kali memberi acungan jempol pada manajemen Angkasa Pura I (AP I) yang membawahi bandara-bandara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News