Keren! Petani di Jambi Sekarang Bisa Langsung Mengekspor Dua Komoditas Ini

Keren! Petani di Jambi Sekarang Bisa Langsung Mengekspor Dua Komoditas Ini
Petani di Jambi bisa langsung ekspor dua komoditas. Ilustrasi/Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Karantina Pertanian Jambi Turhadi Noerachman mengatakan petani kini bisa melakukan ekspor biji kopi dan kayu manis secara langsung.

Dia menyebut sebanyak 27,78 ton biji kopi dan 122,38 ton kayu manis asal Jambi saat telah diekspor secara langsung.

"Hasil kerja sama antarpihak terkait, sehingga nilai tambah dapat langsung diterima oleh petani dan pelaku usaha di Jambi," ujar Turhadi, Senin (12/7).

Turhadi menjelaskan capaian volume ekspor keseluruhan meningkat 20,15 persen dan untuk nilai meningkat 50,97 persen dibandingkan performa kinerja pada periode sama di tahun sebelumnya.

"Peningkatan ini dipicu dengan dilakukannya ekspor langsung dari Pelabuhan Talang Duku, setelah sebelumnya melalui pelabuhan di luar Jambi, kata melalui keterangan tertulisnya yang diterima" ucapnya.

Menurut catatan Karantina Pertanian Jambi Turhadi menyebut kinerja nilai ekspor pertanian di wilayahnya pada semester I/2021 yakni mencapai total volume 718,3 ribu ton, dengan nilai ekonomi mencapai Rp 2,944 triliun.

"Komoditi yang dominan dalam menaikan nilai ekspor tersebut ada biji kopi, kayu manis, pinang, dan lainnya," kata dia.

Turhadi mengatakan pinang masih menduduki peringkat teratas sebagai komoditas unggulan ekspor Jambi. Frekuensi pengirimannya mencapai 540 kali dengan tujuan lebih ke-12 negara tujuan.

Kepala Karantina Pertanian Jambi Turhadi Noerachman mengatakan petani kini bisa melakukan ekspor kompditas pertanian langsung dan mendapatkan manfaat secara langsung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News