Keren, YABB dan Changemakers Bisa Ubah Banjir jadi Cadangan Air Tanah

Keren, YABB dan Changemakers Bisa Ubah Banjir jadi Cadangan Air Tanah
Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) bersama changemakers melakukan inovasi terbaru mengatasi permasalahan banjir di Meteseh Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Foto: dok YABB

jpnn.com, SEMARANG - Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), organisasi nirlaba bagian dari Grup GoTo bersama changemakers dari Catalyst Changemakers Ecosystem (CCE) meluncurkan proyek Semarang Berdaya.

Proyek tersebut bertujuan untuk mengatasi permasalahan banjir di Meteseh Tembalang, Semarang, Jawa Tengah dengan mengubah banjir jadi cadangan air tanah.

Cara mengubahnya menggunakan teknologi zero run-off yang berupa instalasi terintegrasi antara PoreBlock (paving block berpori) dan sumur resapan.

Chairwoman Yayasan Anak Bangsa Bisa Monica Oudang mengatakan pihaknya melihat masyarakat di Meteseh dan area lain di Semarang membutuhkan solusi yang bisa berdampak lebih cepat dan luas.

"Inilah yang menjadi alasan YABB dan CCE hadir di Meteseh, membawa inovasi yang mudah diaplikasikan, sehingga bisa mencegah banjir,” kata Monica dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/10).

Dia menambahkan kehadiran teknologi itu bisa mendorong perubahan pola pikir masyarakat di area lain, bukan hanya di Meteseh saja.

Menurunya, semakin banyak teknologi zero run-off diimplementasikan, maka makin luas area yang bisa mempercepat penyerapan air ke dalam tanah.

Sehingga, kata dia, risiko banjir dapat berkurang.

Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) bersama changemakers melakukan inovasi terbaru mengatasi permasalahan banjir di Meteseh Tembalang, Semarang, Jawa Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News