Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya Gunakan Jalur Existing

Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya Gunakan Jalur Existing
Jalur kereta api. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, YOGYAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya masih terus dibahas.

"Proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya beberapa hari kami sudah diskusi termasuk kemarin di sini (Yogyakarta). Tampaknya jalur yang akan ditetapkan adalah yang eksisting, tapi seperti apa masih kami diskusikan," ujar Budi.

Menurut Budi, pihaknya masih mempunyai alternatif, ada varian-varian yang akan dikembangkan.

"Kami berkeinginan membuat semacam quantum life. Di mana masa depan kereta api di Indonesia ini adalah kereta api yang maju ke depan," jelasnya.

Mantan dirut AP II ini juga mengharapkan jalur Kereta Cepat Jakarta-Surabaya menjadi tulang punggung industri kereta api.

"Kami tahu juga PT INKA sudah impor ke beberapa tempat. Nah kalau kami ada tulang punggung yang cukup kuat mengandalkan kereta api. Nanti diikuti, jadi ada kelangsungan dari Industri kereta api bagus dan kalau nanti jadi dilaksanakan konten lokalnya itu harus banyak," urai Budi.

Untuk pembangunan kereta semi cepat Jakarta-Surabaya, dia berharap paling lambat pertengahan tahun depan (2018) dan bicara perkiraan anggaran hal ini terkait dengan teknologi.

"Anggaran yang dibutuhkan ditaksir bisa Rp 60 triliun atau bisa Rp 150 triliun, tergantung kami mengatur apa yang akan kami bangun di situ dan hal terpenting bahwa studi kami diharapkan memberi manfaat maksimal dengan biaya seefisien mungkin," tutur Budi.(chi/jpnn)


Jalur Kereta Cepat Jakarta-Surabaya diharapkan menjadi tulang punggung industri kereta api.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News