Kerja Panel Etik MK Serba Rahasia

Kerja Panel Etik MK Serba Rahasia
Foto: Dok.JPPhoto
JAKARTA -- Proses kerja Panel Etik terhadap Hakim Konstitusi Arsyad Sanusi dan Akil Mochtar dilakukan secara rahasia. “Panel etik kerjanya rahasia untuk menjaga objektivitas, pemeriksaan yang dilakukan rahasia serta laporanya juga bersifat rahasia,” kata ketua Panel Etik Harjono di Gedung MK, Senin (27/12).

Dijelaskan Harjono, Panel Etik ini ditujukan untuk Hakim Konstitusi Arsyad sanusi dan Akil Mochtar. Setelah itu, laporan hasil pemeriksaan terhadap hakim yang diduga melanggar kode etik ini akan disampaikan kepada Pleno Mahkamah Konstitusi.

Kemudian, lanjut Harjono lagi, dilanjutkan denga pleno yang punya kewenangan dan kemudian putusanya  di Majelis Kehormatan Hakim (MKH). “Putusannya nanti terbuka, sekarang kita kerjanya masih rahasia,” ujar Harjono.

Dijelaskan, kerahasian ini untuk menjajaga objektivitas yang diperiksa, dan objektivitas dari tim yang bekerja. "Tidak ada yang diuntungkan atas kerahasiaan kecuali objektivitas,” ucap Harjono.

 

JAKARTA -- Proses kerja Panel Etik terhadap Hakim Konstitusi Arsyad Sanusi dan Akil Mochtar dilakukan secara rahasia. “Panel etik kerjanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News