Kerja Sama Penting 2 Kekuatan Besar Dunia Islam dari 5 Kesepakatan RI-Turki

Kerja Sama Penting 2 Kekuatan Besar Dunia Islam dari 5 Kesepakatan RI-Turki
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertemu menjelang KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11) untuk membahas kerja sama bilateral. Foto: Hurriyet

jpnn.com, NUSA DUA - Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Nusa Dua, Bali, menjadi ajang untuk menguatkan kerja sama antara Turki dengan Indonesia.

Dua negara dengan penduduk mayoritas muslim itu langsung menandatangani lima kesepakatan penting di bidang industri pertahanan, teknologi, kehutanan, lingkungan, dan pembangunan ke depan.

Kesepakatan itu diteken oleh Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu dan Menhan RI Prabowo Subianto di Bali, Senin (14/11), atau sebelum KTT G20 dimulai.

Menteri Mevlut menyatakan penandatanganan kesepakatan kerja sama itu merupakan momen bersejarah.

Menurut dia, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meningkatkan hubungan erat kedua negara dengan membentuk Dewan Kerja Sama Strategis Tingkat Tinggi.

"Sebagai dua kekuatan besar dunia Islam, kerja sama kita sangat penting bagi muslim di seluruh dunia," ujar Mevlut dalam sambutannya.

Dia juga memuji Presiden Joko Widodo dan Indonesia yang berhasil menyelenggarakan KTT G20 di tengah tantangan global.

"Kami mengapresiasi kiprah Presiden Widodo dan kepemimpinan Indonesia," ujar Mevlut.

Indonesia dan Turki sebagai negara dengan mayoritas muslim meneken 5 kerja sama bidang industri pertahanan, teknologi, kehutatanan, lingkungan, dan pembangunan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News