Kesabaran Jamaah Haji Indonesia Menjurus Kebodohan

Kesabaran Jamaah Haji Indonesia Menjurus Kebodohan
Kesabaran Jamaah Haji Indonesia Menjurus Kebodohan
JAKARTA - Anggota Tim Pengawas Haji DPR, Eva Kusuma Sundari menyesalkan proses ibadah haji dijadikan alasan untuk mentoleransi berbagai kekeliruan pelayanan oleh penyelenggara haji Indonesia. Kalau praktek ini terus dibiarkan, menurut Eva, sikap sabar yang diperlihatkan oleh jamaah haji Indonesia bisa diartikan sebagai sebuah kebodohan bersama.

"Jangan sampai ibadah haji mentolerir pelayanan yang tidak manusiawi. Argumentasi keharusan untuk jamaah haji sabar karena sedang beribadah yang selalu ditekankan oleh penyelenggara haji tidak selamanya benar, karena sikap tersebut sangat spekulatif," kata Eva Kusuma Sundari dalam acara Dialektika Demokrasi bertema "Evaluasi Haji, Masalah Klasik Yang Selalu Terulang", di gedung DPR, Senayan Jakarta Kamis (8/11).

Dikatakan Eva, sikap sabar yang berlebihan sebagaimana yang dipertontonkan oleh jamaah haji Indonesia diberbagai tempat di Arab Saudi sudah menjurus kepada prilaku orang-orang bodoh.

"Sikap sabar jamaah haji Indonesia dianggap sebagai sebuah kebodohan sebagaimana yang diperlihatkan oleh jamaah haji Indonesia asal Pulau Jawa," tegas politisi PDI Perjuangan itu. Sementara jamaah haji dari luar Pulau Jawa, terlihat lebih kritis dalam menyikapi pelayanan penyelenggara haji.

JAKARTA - Anggota Tim Pengawas Haji DPR, Eva Kusuma Sundari menyesalkan proses ibadah haji dijadikan alasan untuk mentoleransi berbagai kekeliruan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News