Kesepakatan Alot, Obama Frustrasi

Kesepakatan Alot, Obama Frustrasi
Foto : REUTERS
KOPENHAGEN - Mimik frustrasi tergambar jelas di wajah Presiden AS Barack Hussein Obama saat berpidato dalam KTT Perubahan Iklim (COP 15) di Kopenhagen, Denmark, tadi malam. Maklum, pertemuan puncak para pemimpin dan wakil dari 193 negara itu dipastikan tak menghasilkan kesepakatan baru yang signifikan.

 

Meski begitu, Obama menilai, apa pun yang disepakati peserta, itu jauh lebih baik ketimbang tak ada sama sekali. "Tak ada negara yang bisa mendapatkan semua yang diinginkan," ujar Obama seperti dikutip AP.

 

Dalam pidatonya, Obama mengatakan bahwa banyak negara menilai AS kurang serius mengurangi dampak emisi karbon dioksida yang diduga sebagai penyebab pemanasan global. Tapi, tanpa spesifik menyebut Tiongkok, dia menyindir negeri itu juga terlihat enggan melakukan hal serupa.

 

"Saya tidak tahu bagaimana akan mencapai kesepakatan internasional tanpa ada sharing informasi dan memastikan bahwa kita mempunyai komitmen yang sama. Ini tidak masuk akal," seru Obama emosional. Ya, salah satu perdebatan paling alot dalam KTT Perubahan Iklim adalah terkait dua negara yang dinilai paling banyak menyebarkan emisi karbon, yaitu Tiongkok dan AS.

 

KOPENHAGEN - Mimik frustrasi tergambar jelas di wajah Presiden AS Barack Hussein Obama saat berpidato dalam KTT Perubahan Iklim (COP 15) di Kopenhagen,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News