Kesepakatan Batas Laut Diteken di Geladak Kapal

Kesepakatan Batas Laut Diteken di Geladak Kapal
Kesepakatan Batas Laut Diteken di Geladak Kapal
JAKARTA – Indonesia dan Singapura telah menyepakati titik-titik batas wilayah laut di sebelah utara Pulau Nipah. Untuk itu, penandatanganan kesepakatan antara kedua negara itu akan dikemas khusus di atas geladak kapal.Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR, Kamis (12/2) meyatakan, pihaknya telah mendapat informasi dari Menteri Luar Negeri tentang kesepakatan batas laut kedua Negara itu. "Informasi yang kami dapat dari Menlu, batas Indonesia-Singapura di sebelah utara Nipah telah disepakati dan diterima serta akan ditandatangani kedua negara di atas KRI (Kapal Republik Indonesia) atau RSS (Kapal Angkatan Laut Singapura)," ujar Kasal.

Hanya saja pengganti Slamet Soebijanto di kursi pimpinan tertinggi TNI AL ini memang tidak menyebutkan secara rinci kapan acara penandatanganan perjanjian perbatasan laut itu akan digelar. Dalam RDP itu, Komisi I DPR sempat mengkritik lambatnya pembangunan di Nipah yang dianggap sangat strategis bagi kedaulatan NKRI. Menanggapi hal tersebut, KASAL menegaskan, pembangunan Nipah berada di bawah koordinasi langsung Menko Polhukam. Sementara tugas TNI AL, katanya, adalah mengamankan Nipah.

"Dalam upaya mengamankan Nipah, TNI AL menempatan 32 marinir serta membangun Posal (Pos TNI AL) di bawah Lanal (Pangkalan TNI AL) Batam," tegasnya.

 Malaysia Incar Gosong Niger di Kalbar

JAKARTA – Indonesia dan Singapura telah menyepakati titik-titik batas wilayah laut di sebelah utara Pulau Nipah. Untuk itu, penandatanganan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News