Keseruan di Festival Budaya Keerom, Sasar Crossborder

Keseruan di Festival Budaya Keerom, Sasar Crossborder
Peanemo, Raja Ampat. Foto: dok/Jawa Pos

jpnn.com, JAYAPURA - Festival Budaya Keerom (FBK) segera digelar di Lapangan Sepak Bola Swakarsa, Kampung Asyaman Distrik Arso Kab. Keerom, 2-4 Agustus 2017.

Pada festival ini, wisatawan akan disuguhkan budaya asli Papua dan banyak keunikan lainnya.

"Yang ingin melihat keindahan alam Papua dan budaya yang unik, silakan ke Keerom, Papua, ini juga salah satu event yang akan menyasar negara tetangga yakni Papua Nugini," tutur Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti.

Wanita berhijab itu mengatakan, FBK yang sudah kali keempat ini merupakan ajang berkreasi bagi seniman termasuk seniman pemula di Keerom dan Papua.

“Kabupaten Keerom memiliki 19 etnis/suku yang tersebar di wilayah kabupaten Keerom. Budayanya sangat kaya. Sangat potensial sehingga perlu ditampilkan pertunjukan kesenian skala besar,” imbuh Esthy.

Esthy memaparkan seni tari tradisional yang ditampilkan dalam event ini, adalah tarian tradisional nonsakral atau tarian tradisional kreatif.

Hingga saat ini masih tetap hidup dan berkembang yang mewakili kebudayaan dari masing-masing Distrik di kabupaten Keerom.

“Event ini diikuti seluruh sanggar tari di Kabupaten Kerom. Seperti kita ketahui tanah Papua ini memiliki keanekaragaman budaya yang hingga saat ini masih tetap hidup dan berkembang dengan ciri khas Papua,” kata Esthy yang diamini Hendry.

Festival Budaya Keerom (FBK) segera digelar di Lapangan Sepak Bola Swakarsa, Kampung Asyaman Distrik Arso Kab. Keerom, 2-4 Agustus 2017.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News