Kamis, 21 Maret 2019 – 13:04 WIB

Ketahui Bahaya dari Menahan Kencing

Minggu, 10 Maret 2019 – 04:05 WIB
Ketahui Bahaya dari Menahan Kencing - JPNN.COM

jpnn.com - Kebutuhan untuk buang air kecil merupakan hal yang alami agar tubuh bisa mengeluarkan sisa dan limbah tubuh. Namun sayang, di antara kita pasti pernah menahan buang air kencing, mungkin karena sedang berkendara dalam kemacetan, sedang dalam rapat penting.

Pada dasarnya, menahan kencing sesekali tidaklah berbahaya. Namun, Anda harus waspada tubuh bisa merasakan dampak buruknya, yaitu:

1. Nyeri

Bila Anda kerap mengabaikan keinginan untuk kencing, Anda bisa mengalami nyeri perut bawah atau nyeri pinggang. Nyeri ini berasal dari kram otot-otot kandung kemih yang tetap berkontraksi meski urine telah dikeluarkan, sedangkan nyeri pinggang berasal dari gangguan ginjal. Nyeri juga bisa dirasakan saat sedang kencing.

2. Kandung kemih longgar

Dalam jangka panjang, kebiasaan menahan kencing bisa melonggarkan kandung kemih, sehingga mempersulit kontraksi saat mengeluarkan urine. Kondisi ini bersifat permanen, sehingga diperlukan alat bantu seperti kateter untuk mengeluarkan urine.

3. Infeksi saluran kemih

Dalam kondisi normal, kandung kemih mengandung sejumlah bakteri yang bersifat protektif. Namun, bila kondisi berubah, misalnya akibat menahan kencing terlalu lama, bakteri-bakteri ini bisa tumbuh berlebihan dan memicu infeksi saluran kemih. Infeksi ini dapat menyebar ke ginjal dan menimbulkan dampak buruk yang lebih luas.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar