Ketahui Manfaat Rumput Laut untuk Penderita Hipertensi

Ketahui Manfaat Rumput Laut untuk Penderita Hipertensi
Petani memanen rumput laut. Foto: Radar Tarakan/JPNN

jpnn.com - Anda yang memiliki hipertensi, mungkin pernah disarankan untuk mengonsumsi rumput laut. Katanya, sumber daya hayati ini bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Benarkah?

Hipertensi atau tekanan darah tinggi telah menjadi masalah bagi banyak orang. Lebih dari seperempat penduduk Indonesia – yaitu lebih dari 60 juta penduduk – tercatat memiliki hipertensi pada 2013.

Menurut data dari Riskesdas 2013, hipertensi ini paling banyak diderita oleh kelompok usia 55-64 tahun.

Sementara itu, data dari WHO 2011 mengungkapkan bahwa sebanyak 1 miliar penduduk dunia ini menderita hipertensi. Sebesar 2/3 di antaranya berasal dari negara berkembang yang memiliki penghasilan rendah-sedang.

Meskipun sepertinya terdengar sepele, hipertensi dapat mengakibatkan beban kesehatan dan ekonomi yang sangat besar apabila tidak diobati. Bukan saja karena biaya pengobatan hipertensi, melainkan karena biaya pengobatan untuk komplikasi penyakit yang ditimbulkan oleh hipertensi itu sendiri.

Hipertensi pada umumnya terjadi bersamaan dengan penyakit metabolik lainnya, seperti diabetes, kolesterol tinggi, obesitas, serta dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Harus rutin minum obat

Kebanyakan penderita hipertensi hanya mengonsumsi obat pada saat mereka merasakan keluhan sakit kepala akibat tekanan darah yang tinggi. Selebihnya, obat tersebut hanya disimpan di lemari. Sebenarnya hal tersebut sangat berbahaya.

Penyakit hipertensi paling banyak diderita oleh kelompok usia 55-64 tahun. Meski begitu, bukan berarti Anda yang masih muda menyepelekan penyakit hipertensi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News