JPNN.com

Ketahui Pengaruh Kopi terhadap Kadar Gula Darah

Senin, 11 Maret 2019 – 23:31 WIB
Ketahui Pengaruh Kopi terhadap Kadar Gula Darah - JPNN.com

jpnn.com - Minum kopi sudah menjadi aktivitas wajib bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Karena asupan kopi dianggap bisa mencegah badan lemas dan kantuk, serta meningkatkan energi untuk beraktivitas. Namun, ada anggapan bahwa kopi juga berpengaruh terhadap kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes.

Kopi dan gula darah

Bagi penderita diabetes mellitus tipe 2, minum kopi dikatakan bisa memberikan dampak negatif. Diabetes merupakan suatu penyakit yang memengaruhi tubuh dalam memproses gula di dalam darah.

Jika Anda terkena diabetes dan mengonsumsi kopi, maka kadar gula darah di dalam tubuh pun akan meningkat. Tipe penyakit diabetes terdiri dari 2 jenis, antara lain:

1. Diabetes tipe 1
Pada penderita dengan diabetes tipe 1, tubuh tidak mampu memproduksi insulin, yakni hormon yang sangat berperan penting dalam mengontrol jumlah gula (glukosa) yang didapat sel tubuh dari darah.

2. Diabetes tipe 2
Pada penyakit diabetes tipe 2, tubuh penderita tidak dapat menggunakan insulin dengan baik, sehingga kadar gula di dalam darah pun semakin meningkat.

Jika diabetes dikaitkan dengan kopi, terdapat beberapa penelitian yang menjelaskan bahwa konsumsi kopi berkaitan dengan kadar gula darah di dalam tubuh, yang juga dapat memengaruhi kondisi penderita diabetes.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Diabetes Care melaporkan bahwa penderta diabetes mellitus tipe 2 yang mengonsumsi kopi mengalami peningkatan gula darah di dalam tubuhnya. Hal ini yang kemudian dapat meningkatkan risiko terjadinya resistensi insulin.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...