Minggu, 23 September 2018 – 11:21 WIB

Ketahuilah, Ini Risiko Membaca di Ruangan Redup

Rabu, 14 Maret 2018 – 22:03 WIB
Ketahuilah, Ini Risiko Membaca di Ruangan Redup - JPNN.COM

jpnn.com - Senang kembali ke kamar remang-remang dan membaca di ruangan yang redup? Nah, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali pemikiran itu, terutama karena cahaya redup bisa membuat Anda bodoh.

Menghabiskan terlalu banyak waktu di ruangan dan kantor yang remang-remang bisa mengubah struktur otak Anda, menyakiti kemampuan Anda untuk mengingat dan belajar.

Percobaan yang dilakukan oleh para peneliti dari Michigan State University mengungkapkan bahwa paparan cahaya redup menyebabkan hilangnya 30 persen pada kapasitas hippocampus, wilayah kritis otak Anda yang bertanggung jawab untuk pembelajaran dan tugas berbasis memori dan juga tugas spasial.

Eksposur cahaya terang, di sisi lain menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam tugas tata ruang.

Sebenarnya, empat minggu terpapar cahaya terang (setelah istirahat sepanjang sebulan), bisa membantu otak Anda pulih kembali dengan kapasitas penuh, tampil pada puncaknya saat kinerjanya meningkat.

Ini adalah studi pertama, yang diterbitkan dalam jurnal Hippocampus dari jenisnya yang menyoroti bagaimana perubahan dalam cahaya lingkungan menyebabkan perubahan struktural pada otak manusia.

"Ketika kita mengekspos tikus-tikus itu ke cahaya redup, menirukan hari-hari berawan musim dingin di Midwestern atau pencahayaan dalam ruangan yang khas, hewan-hewan tersebut menunjukkan gangguan dalam pembelajaran spasial," kata Antonio "Tony" Nunez, profesor psikologi dan rekan penyidik ??penelitian ini, seperti dilansir laman India Times, Selasa (13/3).

"Ini sama dengan ketika orang tidak bisa menemukan jalan kembali ke mobil mereka di tempat parkir yang sibuk setelah menghabiskan beberapa jam di pusat perbelanjaan atau bioskop," Nunez menambahkan.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar