Selasa, 24 Oktober 2017 – 03:34 WIB

Ketahuilah, Sosok Pelantun Pertama Lagu Selamat Hari Lebaran

Jumat, 23 Juni 2017 – 19:17 WIB
Ketahuilah, Sosok Pelantun Pertama Lagu Selamat Hari Lebaran - JPNN.COM

jpnn.com - selamat hari lebaran/minal aidin wal faidzin/mari bersalam-salaman/saling memaaf-maafkan…

LAGU "Lebaran" diperkenalkan Oslan Husein. Mantan pengamen Padang yang berkawan dengan bapaknya Indra Lesmana.

Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network

Lagu Lebaran direkam pada 1960-an dalam album Hanya Ada Satu. Dinyanyikan Oslan Husein bersama Orkes Widjaja Kusuma pimpinan M. Jusuf.

Di sampul album tersebut, Sjaiful Nawas seorang wartawan yang juga vokalis Orkes Gumarang--grup musik papan atas masa itu, menulis endorsmen:

"Kini kita singgung tentang sjair lagu "LEBARAN". Tiada manusia jang tidak punja kekurangan, tiada insan di dunia ini jang sempurna, mestilah ada jang berbuat chilaf, berbuat kesalahan. Dan sudah semestinja kesalahan itu dapat dimaafkan, maka hari lebaran itulah saat jang tepat untuk bermaaf-maafan kembali. Memang OSLAN HUSEIN kali ini berhasil mendjiwai lagu2 jang menjinggung segi kehidupan rakjat dan keburuhannja sehari2. Orkes "WIDJAJAKUSUMA" telah berhasil pula menondjolkan suara OSLAN dan dengan ini kami dapat memastikan bahwa lagu2 tersebut diatas akan mendapat sambutan hangat dari penggemar2 musik hiburan kita."

Lagu itu panjang umur. Terus dinyanyikan dari masa ke masa. Tiap lebaran diputar di radio-pun-televisi.

Dea Ananda, tahun 1990-an sewaktu masih jadi penyanyi anak, turut mempopulerkan lagu tersebut. Dibawakan dengan irama ceria khas anak-anak.

SHARES
loading...
loading...
Komentar