Keterampilan Digital Jadi Kunci Utama Kemajuan Indonesia pada 2045

Keterampilan Digital Jadi Kunci Utama Kemajuan Indonesia pada 2045
Pelaku industri kreatif dibekali skill promosi digital dalam HomeCreativepreneur. Foto: ANTARA/Birkom Kemenparekraf.

jpnn.com, JAKARTA - Institute of Social Economic Digital (ISED) menilai keterampilan digital akan menjadi modal utama bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan cita-cita sebagai negara maju pada 2045 mendatang.

Lewat kelihaian para generasi muda dalam mengelola teknologi digital itu lah, diharapkan nantinya lahir inovasi dan terobosan yang mampu menguatkan ekonomi bangsa.

Rumusan tersebut setidaknya disepakati ISED, Google Indonesia, dan Alphabeta, konsultan strategi dan ekonomi dari Singapura yang secara fokus membahas upaya mewujudkan visi Indonesia Maju 2024 melalui peningkatan keterampilan digital di Jakarta, Kamis (18/3/2021).

Digital Talent Founder ISED Sri Adiningsih mengatakan, Indonesia Emas pada 2045 yang maju, adil sejahtera hanya bisa dicapai jika Indonesia membangun digital talent yang berdaya saing global.

“Selain itu, infrastruktur digitalisasi yang berkualitas juga menuntut bisa dilakukan secara merata di seluruh Tanah Air,” ujar Sri Adiningsih.

Sri Adiningsih mengatakan, masa pandemi Covid-19 menimbulkan sejumlah ketidakpastian ekonomi dan berdampak serius pada pasar tenaga kerja.

Pada 2020 perekonomian global mengalami kontraksi 4 persen sebagai dampak dari kebijakan lockdown dan pembatasan sosial yang diterapkan di hampir seluruh negara di dunia. Demikian pula di Indonesia, lanjutnya, perekonomian juga terkontraksi sebesar 2,07 persen.

“Perubahan ekonomi ini menunjukkan adanya kesenjangan keterampilan (skills mismatches) dan menjadi tantangan besar hampir di seluruh industri,” katanya.

Menurut Sri, di tengah kondisi yang tertekan ini, Indonesia perlu melakukan reskilling dan upskilling yang sistematis agar mampu menghadapi tantangan besar tersebut.

Institute of Social Economic Digital (ISED) menilai keterampilan digital akan menjadi modal utama bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan cita-cita sebagai negara maju pada 2045 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News