Ketika Anjing Kintamani Resmi Jadi Ras Anjing Indonesia Pertama

Fisik Istimewa, Dibanderol Rp 25 Juta

Ketika Anjing Kintamani Resmi Jadi Ras Anjing Indonesia Pertama
Drh Pudji Raharjo dan anjing hitam Kintamani. Foto : Miftahuddin/Radar Bali/JPNN
Ras anjing kintamani kini layak disejajarkan dengan anjing-anjing kondang macam herder atau rottweiler. Pamor anjing kintamani meningkat setelah dikukuhkan sebagai ras anjing Indonesia di Asian Kennel Union (AKU).

 
 KETUT ARI TEJA, Bali
 

ADALAH drh. Pudji Raharjo, sosok di balik dikukuhkannya anjing kintamani sebagai trah atau ras anjing pertama Indonesia oleh AKU. Momen istimewa itu lahir dalam forum AKU di Filipina pada 23 Februari lalu. "Ini kebanggaan Indonesia," kata Pudji yang menjabat ketua Bidang Litbang Himpunan Trah Anjing Kintamani Bali (HTAKB) kepada Radar Bali (JPNN Group) Minggu (26/2).

Pengakuan dari AKU itu tak lepas dari beberapa keistimewaan yang ada pada anjing kintamani. Pudji mengungkapkan, anjing kintamani berbeda dari ras anjing lainnya di dunia. Selain itu, anjing kintamani mampu menunjukkan keasliannya. Yakni, berasal dari Desa Sukawana dan Paketan.

"Meski kemudian tersebar ke seluruh Bali, Indonesia, dan bahkan luar negeri, itu karena manusia yang menyebarkan. Aslinya memang Sukawana dan Paketan," ungkapnya.

 

Ras anjing kintamani kini layak disejajarkan dengan anjing-anjing kondang macam herder atau rottweiler. Pamor anjing kintamani meningkat setelah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News