Ketika VW Beetle Jadi Bola Raksasa

Ketika VW Beetle Jadi Bola Raksasa
VW BOLA: Bug Volkswagen buatan tahun 1953 karya orang Indonesia, Ichwan Noor, digulung seperti bola. VW berbentuk bola dipamerkan festival seni Hong Kong ini dibanderol seharga USD 88 ribu atau lebih dari Rp800 juta. Foto: AFP PHOTO/PHILIPPE LOPEZ
PENGUNJUNG pameran seni rupa di berbagai kota megapolitan di dunia dibuat berdecak kagum oleh sebuah karya seni rupa unik. Yakni karya berbentuk bola bulat raksasa, namun dibuat dari bodi mobil Volkswagen (VW) Beetle.

----------

SEBUAH karya membanggakan dibuat seniman asal Jogjakarta Ichwan Noor. Di tangan Ichwan, bentuk VW kuning buatan 1953 tersebut berubah drastis. Tidak lagi memiliki lekukan khas VW Beetle.

Saat dihubungi di rumahnya di kawasan Kasihan, Bantul, Jogjakarta, pekan lalu, Ichwan menjelaskan, dirinya mengombinasikan berbagai bagian VW Kodok dengan polister dan aluminium untuk mencapai efek bulat. Mengapa bulat? Pria lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta tersebut ingin memberikan persepsi orang masa kini mengenai bentuk dasar mereka yang telah rusak.

“VW saya pilih karena bentuknya sangat familier. Orang pasti tahu bahwa itu mobil VW Beetle meskipun sudah berbentuk bulat. Bulat atau bola merupakan bentuk fundamental. Sebuah bentuk dasar yang ingin saya tunjukkan sehingga dapat mengubah image VW sebagai mobil,” terangnya.

PENGUNJUNG pameran seni rupa di berbagai kota megapolitan di dunia dibuat berdecak kagum oleh sebuah karya seni rupa unik. Yakni karya berbentuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News