Ketua DPD RI Dorong Pemberdayaan UMKM Lintas Kementerian

Ketua DPD RI Dorong Pemberdayaan UMKM Lintas Kementerian
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meninjau produk hasil Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang cukup penting dalam perekonomian nasional. Namun, pelaku usaha mikro kerap kesulitan meningkatkan level usaha.

Untuk itu, Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengusulkan pemberdayaan UMKM lintas kementerian.

Menurut LaNyalla, UMKM merupakan penopang perekonomian nasional. Jumlahnya pun tidak sedikit.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi, dan UKM mendominasi struktur UMKM dengan persentasi 99 persen dari 64 juta pelaku.

"Namun, pelaku usaha mikro kerap menghadapi kesulitan klasik, berkisar pada kualitas yang kurang kompetitif di pasar, modal dan jaringan yang terbatas serta minimnya pembinaan dari pemerintah. Hal itu menjadi kendala yang besar selama ini dan belum ada penanganan yang signifikan," kata LaNyalla, Selasa (18/5/2021).

Jika tak mendapat penanganan serius, Senator asal Jawa Timur ini khawatir pertumbuhan perekonomian nasional ikut terhambat.

Menurut dia, pelaku usaha mikro dan mikro kecil adalah usaha yang dilakukan dengan dorongan mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan pokok dan belum menjadi wirausaha.

"Pada prinsipnya, pelaku usaha ini adalah pedagang atau usaha dagang dengan modal yang sangat kecil pada sektor informal," papar LaNyalla.

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengusulkan pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM) lintas kementerian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News