Ketua DPD RI Menghadiri Pertemuan Pimpinan Parlemen MIKTA di Meksiko

Ketua DPD RI Menghadiri Pertemuan Pimpinan Parlemen MIKTA di Meksiko
La Nyalla Mattalitti menjadi Ketua DPD RI periode 2019-2024. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti berangkat ke Meksiko, Selasa (5/11) besok untuk menghadiri pertemuan konsultasi ke-5 pimpinan parlemen MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea, Turki, Australia) yang akan diadakan pada 7-8 Novermber 2019.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua DPD RI akan memimpin sidang sesi kedua di mana ia akan menyampaikan pidato berjudul “Ekonomi Kreatif dan Kontribusinya bagi Inklusi Sosial (SGD8).”

Judul pidato dimaksud merupakan pengembangan dari agenda prioritas Indonesia di MIKTA yang dijalankan selama 2018 ketika Indonesia menjadi koordinator MIKTA.

Ketua DPD RI akan menguraikan tentang perkembangan ekonomi kreatif termasuk ekonomi digital yang semakin berkembang pesat di negeri kita, bahkan sudah memberikan kontribusi sebesar 7,2 persen dari PDB nasional.

Industri-industri kreatif juga telah mempekerjakan hampir 20 juta tenaga kerja dalam negeri dan melibatkan 8 juta unit usaha yang berberak di berbagai bidang mulai dari kuliner sampai mode busana, perfileman, animasi, desain digital, games, dan berbagai bidang lainnya. Semua ini merupakan hasil karya anak-anak bangsa yang akan dipaparkan dalam sidang MIKTA itu oleh Lanyalla Mattalitti.

Dengan demikian diharapkan para entrepreneurs di negara-negara MIKTA lainnya dapat menjajaki peluang-peluang kerja sama dengan pelaku industri kreatif di Indonesia, termasuk di berbagai daerah provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia.

Dalam pertemuan konsultasi pimpinan MIKTA kali ini, tema sentralnya adalah perluasan partisipasi masyarakat dalam pembangunan ekonomi termasuk perluasan keterlibatan pelaku UMKM dalam pembangunan ekonomi dalam rangka pemerataan.

Karena itu maka Ketua DPD RI akan mengajak negara-negara MIKTA untuk memperluas kerja sama bisnis, investasi, dan perdagagnan dengan berbagai daerah di Indonesia, termasuk juga pembangunan infrastruktur.

Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti berangkat ke Meksiko, Selasa (5/11) besok untuk menghadiri pertemuan konsultasi ke-5 pimpinan parlemen MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea, Turki, Australia).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News