Ketua DPR AS ke Taiwan, Indonesia Sebaiknya Bela China

Ketua DPR AS ke Taiwan, Indonesia Sebaiknya Bela China
Pengunjuk rasa di depan kantor konsulat Amerika Serikat di Hong Kong menginjak gambar Ketua DPR AS Nancy Pelosi dalam rangka memprotes kunjungan politikus senior Partai Demokrat itu ke Taiwan. Foto: Peter PARKS / AFP

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) Prof Hikmahanto Juwana menyarankan Indonesia mengambil posisi pro-China dalam menyikapi kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan. 

Menurut dia Kemlu RI perlu membuat pernyataan yang menyayangkan kunjungan kontroversial yang bikin China murka tersebut.

“Karena cepat atau lambat Indonesia akan terdampak oleh ketegangan antara AS dan China,” kata Hikmahanto dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pelosi akhirnya mengunjungi Taiwan meskipun Presiden China Xi Jin Ping telah memberi peringatan kepada Presiden AS Joe Biden terkait kunjungan tersebut.

Kunjungan Pelosi itu sudah dapat dipastikan akan memperuncing ketegangan antara China-AS yang dapat mengganggu stabilitas keamanan kawasan, kata Hikmahanto, yang juga Rektor Universitas Jenderal A. Yani.

“Indonesia menyayangkan kunjungan tersebut karena tiga alasan,” kata dia.

Pertama, AS tidak henti-hentinya melakukan provokasi di sejumlah kawasan dan terakhir di Eropa saat menyambut keinginan Ukraina untuk menjadi anggota baru NATO, kata dia.

Ini yang memunculkan kekhawatiran Rusia hingga negara itu melakukan operasi militer khusus ke Ukraina, kata Hikmahanto.

Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi telah membuat China murka. Guru besar UI Prof Hikmahanto sarankan pemerintah Indonesia lakukan ini

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News