Ketua DPR Harapkan Pelaku UMKM Makin Melek Digital

Ketua DPR Harapkan Pelaku UMKM Makin Melek Digital
Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: Humas DPR for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo menyatakan, pemerintah harus berupaya lebih gigih dalam membantu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui digitalisasi. Menurutnya, program Go Online UMKM yang telah digulirkan pemerintah harus digencarkan karena perkembangan teknologi informasi juga makin cepat dan pasar kian terbuka.

Merujuk hasil riset Mckinsey Institute, Bamsoet -panggilan beken Bambang- mengatakan, hingga akhir 2017 terdapat 59,9 juta unit bisnis UMKM di Indonesia. Namun, dari jumlah itu baru baru 3,97 juta unit UMKM yang saat ini sudah memanfaatkan ranah digital.

“Angka itu bukan hanya menunjukkan persentase yang teramat kecil, tetapi juga menjelaskan dengan gamblang betapa UMKM lokal sangat terlambat,” ujar Bamsoet melalui layanan pesan ke media, Minggu (29/4).

Lebih lanjut Bamsoet mengatakan, data itu juga menjelaskan banyak aspek. Misalnya, masih banyak pelaku UMKM yang belum punya akses untuk mencari informasi tentang permintaan atau kebutuhan pasar baik domestik maupun mancanegara.

Selain itu, ada beberapa indikator yang nyata-nyata menunjukan keterlambatan UMKM Indonesia beradaptasi dengan era digitalisasi. “Yang paling utama adalah belum meratanya jaringan internet di seluruh wilayah tanah air,” sebutnya.

Indikator berikutnya adalah masih kecilnya persentase UMKM yang dapat memanfaatkan jasa online untuk mempromosikan dan memasarkan produknya. Padahal, jika pelaku UMKM di Indonesia bagian tengah dan timur Indonesia mendapatkan akses untuk memasarkan dan mempromosikan produknya melalui internet, maka kontribusinya bagi perekonomian nasional diyakini akan signifikan.

”Bahkan, jumlah pelaku UMKM pun dipastikan terus bertambah,” tegas politikus yang juga aktif di media sosial itu.

Karena itu Bamsoet mendorong pemerintah menggencarkan sosialisasi Go Online UMKM. Mantan wartawan itu menegaskan, pelaku UMKM di semua daerah termasuk di pelosok layak mendapatkan informasi yang lengkap tentang program itu.

Ketua DPR Bambang Soesatyo mendorong pemerintah menggencarkan sosialisasi Go Online UMKM. Menurutnya, UMKM Indonesia tertinggal dalam penggunaan internet.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News