Ketua HIPMI Tuding Bank BUMN Lebih Utamakan Warga Asing

Ketua HIPMI Tuding Bank BUMN Lebih Utamakan Warga Asing
Ketua HIPMI Tuding Bank BUMN Lebih Utamakan Warga Asing

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Bidang Organisasi Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Anggawira menilai praktik perbankan di Indonesia belum berpihak kepada pengusaha pemula dan pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Bahkan menurut Anggawira, dalam banyak hal, bank-bank milik negara lebih memberikan fasilitas kemudahan kredit bagi perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia.

"Bank-bank yang berstatus BUMN lebih mengutamakan orang asing dan mengabaikan anak kandung negeri ini," kata Anggawira, dalam Forum Legislasi "RUU Perbankan", di pressroom DPR, Senayan Jakarta, Rabu (14/9).

Terjadinya praktik diskriminasi tersebut lanjutnya, karena dalam UU Nomor 10 tahun 1998 tentang Perbankan memang belum ada ketegasan konstitusi agar bank milik negara berpihak kepada kepentingan anak kandung negeri ini.

Kalau ada di antara warga negara Indonesia (WNI) yang dapat kucuran kredit lanjuntya, pasti orangnya itu-itu saja.

"Tapi kalau ada di antara anggota Hipmi yang mengajukan kredit ke bank, pasti diminta agunan sebesar 130 persen dari nilai permohonan kredit dan dilengkapi dengan neraca usaha tiga tahun terakhir," ungkapnya.

Karena itu, Anggarwira berharap RUU Perbankan ini segera diselesaikan DPR dan pastikan kepentingan anak negeri ini dapat tempat yang layak dalam sistem perbankan nasional.(fas/jpnn)


JAKARTA - Ketua Bidang Organisasi Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Anggawira menilai praktik perbankan di Indonesia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News