Ketua HMI Desak Pansus Panggil SBY

Ketua HMI Desak Pansus Panggil SBY
Ketua HMI Desak Pansus Panggil SBY
JAKARTA - Ketua Umum PB Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI), Arip Mustopa, mendesak agar Pansus DPR untuk skandal Bank Century segera memanggil Presiden SBY, guna dimintai keterangan dan dikonfrontir dengan penjelasan para saksi. Termasuk keterangan dari Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, yang sekaligus juga Ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK).

"SBY sebagai Presiden merupakan penanggungjawab umum semua kebijakan. Yang kedua, nama beliau sudah terungkap, termasuk terkait kehadiran Marsilam Simanjuntak dalam rapat KSSK, dan pengakuan Sri Mulyani yang menyatakan pernah melaporkan pada SBY," kata Arip Mustopa, di Jakarta, Rabu (13/1).

Soal kepastian bahwa Presiden SBY mengetahui proses dan keputusan bailout Bank Century, kata Arip, bisa diketahui dari "Buku Putih Depkeu". Di mana disebutkan, Menkeu Sri Mulyani Indrawati selaku Ketua KSSK saat itu, pada 21 November 2008 sudah memberikan laporan ke Presiden (yang sedang berada di Peru menghadiri KTT APEC 2008, Red).

"Keputusan itu diambil, setelah rapat KSSK memutuskan Bank century dinyatakan sebagai bank gagal (yang) berdampak sistemik. Laporan yang sama juga disampaikan ke Wakil Presiden RI saat itu, Jusuf Kalla," kata Arip, mengutip isi buku dimaksud.

JAKARTA - Ketua Umum PB Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI), Arip Mustopa, mendesak agar Pansus DPR untuk skandal Bank Century segera memanggil Presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News