Ketua Komisi I: Malaysia Harus Lakukan Investigasi

Ketua Komisi I: Malaysia Harus Lakukan Investigasi
Abdul Kharis Almasyhari. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari sangat menyesalkan kejadian bendera Indonesia yang tercetak terbalik menjadi putih-merah dalam buku SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia.

Kharis mengatakan, kejadian itu merupakan kesalahan fatal. Karena itu, Kharis meminta Malaysia segera melaksanakan investigasi mendalam dan disampaikan ke publik siapa dan mengapa sampai terjadi kesalahan fatal di ajang internasional yang sudah berkali-kali dilakukan bersama.

Dia menegaskan, investigasi penting bukan hanya sekadar permintaan maaf saja.

Berdasarkan penjelasan di sejumlah media, Kementerian Luar Negeri sebagai mitra kerja Komisi I DPR melalui KBRI di Kuala Lumpur telah melayangkan nota diplomatik kepada Malaysia.

"Memang pemerintah kita masih menunggu permintaan maaf dari pemerintah Malaysia. Menpora Malaysia juga sudah minta maaf, tapi semua harus dibuka ke publik agar hal ini jelas kesengajaan atau bukan,” kata Kharis, Senin (21/8).

Menurut Kharis, masyarakat, pemerintah dan DPR sangat kecewa mengapa peristiwa bendera terbalik itu bisa terjadi. "Kita penting tahu agar clear dan saya juga minta semua yang salah ditarik dan perbaiki," kata anggoat Fraksi PKS itu.

Lebih lanjut Kharis juga meminta masyarakat jangan bereaksi berlebihan dalam menyikapinya. Dia berharap masyarakat tetap tenang.

Kharis mohon masyarakat menunggu langkah serius Malaysia menuntaskan masalah ini. Dan tetap fokus mendukung kesuksesan tim nasional Indonesia di SEA Games.

Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari sangat menyesalkan kejadian bendera Indonesia yang tercetak terbalik menjadi putih-merah dalam buku SEA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News