Ketua Komisi II Masih Optimistis Pilkada 2020 Bisa Digelar di Tengah Pandemi

Ketua Komisi II Masih Optimistis Pilkada 2020 Bisa Digelar di Tengah Pandemi
Ketua Komisi 2 DPR yang juga politikus Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung. Foto: Istimewa for jpnn.com.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengatakan, penyebaran virus Corona (COVID-19) di 270 wilayah yang akan menggelar Pilkada serentak 2020, cenderung stabil dan terkendali. 

Padahal, sebelumnya dikhawatirkan muncul klaster baru. Mengingat pada masa pendaftaran bakal calon kepala daerah, 4-6 September lalu, terjadi kerumunan massa di sejumlah daerah.

"Kini tinggal mempersiapkan diri menghadapi tahapan berikutnya, khususnya yang rawan kembali terjadinya pelanggaran terhadap protokol Kesehatan COVID-19. Seperti tahapan penetapan pasangan calon, masa kampanye, dan hari pemilihan," ujar Doli di Jakarta, Minggu (20/9).

Menurut Doli, Komisi 2 DPR rencananya akan menggelar kembali rapat kerja bersama mendagri, KPU, Bawaslu, dan DKPP.

Untuk memastikan kesiapan dalam menghadapi pelaksanaan tahapan berikutnya. Terutama terkait rumusan aturan-aturan yang lebih kuat, tegas, dan ketat. 

Terutama dalam penegakan disiplin dan penerapan sanksi terhadap pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 pada Pilkada serentak 2020. 

"Kami akan meminta penjelasan dari KPU tentang perubahan peraturan KPU yang mengatur seluruh tahapan terkait penerapan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat," ucapnya. 

Politikus Golkar Ini juga mengatakan, pihaknya akan mendorong pemerintah segera menyusun dan menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) yang lebih tegas.

Ketua Komisi II DPR mengajak semua pihak tetap optimistis pilkada bisa terselenggara dengan baik walau di masa pandemi Covid-19

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News