Ketua Komisi VII DPR: Harga BBM Harus Disesuaikan

Ketua Komisi VII DPR: Harga BBM Harus Disesuaikan
Pemerintah masih melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite dan Solar apakah naik atau tidak. Ilustrasi SPBU: Ricardo/JPNN,com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto setuju dengan penyesuaian harga Pertalite.

Selain membebani keuangan negara, selama ini subsidi BBM tidak tepat sasaran dan banyak dinikmati kalangan mampu, sehingga perlu dialihkan.

“Harga BBM harus disesuaikan, karena subsidi yang selama ini dikeluarkan tidak tepat sasaran atau untuk orang mampu sehingga perlu dialihkan. Sebab tidak adil. Bagaimana dengan mereka yang tidak punya kendaraan? Jadi, subsidi dikurangi dan direlokasi untuk yang tidak punya kendaraan,” kata Sugeng dalam keterangannya, Sabtu (27/8).

Terlebih, saat ini Pertalite memang lebih banyak dinikmati kalangan mampu. Tak main-main, total BBM subsidi yang dikonsumsi orang kaya menurut Sugeng, mencapai sekitar 70-80 persen.

Jadi, porsi terbanyak pengguna Pertalite bukan sepeda motor atau kendaraan umum yang semestinya mendapatkan BBM bersubsidi.

Selain tidak tepat sasaran, Sugeng juga menerangkan, saat ini subsidi BBM sudah sangat memberatkan.

Menurutnya, jika BBM tidak dinaikan maka bisa mempengaruhi keuangan negara. Alasannya, karena harga minyak dunia jauh melebihi proyeksi awal APBN 2022.

Selain itu, harga BBM saat ini jauh dari harga keekonomian.

Selama ini subsidi BBM tidak tepat sasaran dan banyak dinikmati kalangan mampu, sehingga perlu dialihkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News