Ketua MA Ambil Sumpah Pengganti Irman di Pucuk Pimpinan DPD

Ketua MA Ambil Sumpah Pengganti Irman di Pucuk Pimpinan DPD
Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali memimpin pengucapan sumpah Mohammad Saleh sebagai ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) periode 2016-2017.

Senator asal Bengkulu itu menggantikan Irman Gusman yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena diduga menerima suap kuota umpor gula.

Langkah Hatta Ali mengambil sumpah Saleh sebagai ketua DPD itu mementahkan permintaan Irman Gusman yang sebelumnya mengirim surat agar jangan sampai ada proses pergantian terhadap dirinya sebagai ketua di lembaga para senator itu.

Hatta mengatakan, tak ada kaitannya antara surat dari Irman dengan pelantikan Saleh. “Kami ini tidak mikir soal begitu. Ini kan lembaga politik, terlalu kecil buat kami," ujar Hatta.

Sedianya Saleh langsung diambil sumpahnya sebagai ketua DPD pada paripurna yang digelar Selasa (12/10) malam. Namun, kata Hatta, surat DPD tentang permintaan untuk pengambilan sumpah ketua baru itu baru sampai di MA pada pagi tadi.

"Kemudian permintaan untuk melantik pagi ini. Jam delapan pagi saya terima di kantor," tegasnya.(dna/jpg)

 


JAKARTA - Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali memimpin pengucapan sumpah Mohammad Saleh sebagai ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) periode 2016-2017.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News