Ketua MPR Apresiasi Gerakan Forum Jong Indonesia

Ketua MPR Apresiasi Gerakan Forum Jong Indonesia
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA –  Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, saat melakukan audiensi dengan sekitar 25 anggota Forum Jong Indonesia, di Ruang Kerja Ketua MPR RI, Gedung Nusantara III, Lantai 9, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Selasa (16/2).

Dalam pertemuan tersebut, mereka menyampaikan bahwa Indonesia dibangun atas dasar keberagaman. Peletak dasar bangunan keberagaman tersebut adalah generasi muda jaman perjuangan melalui sumpah pemuda yang digagas para jong dari berbagai daerah.

Berpuluh tahun sejak Indonesia merdeka, munculah era reformasi.  Di era reformasi semangat kebangsaan makin lama makin mengendur, seiring dengan makin terpinggirkannya Pancasila.  Di era reformasi Pancasila seperti di sudutkan di pojok yang gelap dan lama kelamaan tidak di kenal lagi.

Ketua MPR RI Zulkifli hasan sangat miris dengan keadaan tersebut.  Selain Pancasila yang sedikit demi sedikit makin tergerus, nilai-nilai luhur bangsa juga makin lama makin tergerus juga.  Lembaga MPR RI atas amanah UU memasyarakatkan kembali Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika dengan berbagai metode sosialisasi.

Namun, MPR RI tidak bisa sendiri melakukan amanah tersebut.  Semua itu butuh dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat Indonesia..

“Begitu mendengar ada forum generasi muda yang menggelorakan kembali semangat sumpah pemuda, saya sangat mendukung sekali.  Di saat sekarang ini nilai-nilai kebangsaan makin mundur, nilai kekekluargaan seperti hilang orang-orang hanya mencari jalan pintas, gerakan kembali kepada kebangsaan adalah sesuatu yang patut didiring dan didukung,” ujar Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

Kiprah aktif pemuda Indonesia dalam menggelorakan semangat kebangsaan, lanjut Zulkifli, memang seharusnya tidak pernah berhenti.  Kalau dahulu dijaman perjuangan, perjuangan dilakuakn secara fisik dengan pertempuran, sekarang perjuangan dalam bentuk pertarungan kualitas sumber daya manusia bangsa.

“Kita saat ini menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia ( MEA ).  Pertarungan menjadi sangat ketat secara global.  Untuk itulah generasi muda dituntut untuk lebih mengupgrade dirinya lebih berkualitas dan mampu bersaing dengan negara lain.  Bukan hanya dibidang ekonomi, bahkan di semua bidang generasi muda harus berkualitas salah satunya menguasai teknologi,” katanya.

Forum Jong Indonesia sendiri adalah sebuah forum berkumpulnya pemuda dari berbagai latar belakang mulai dari beragam suku, agama yang bersatu dalam forum Jong Indonesia yang merasa memiliki tanggung jawab moral untuk ikut serta dalam pembangunan bangsa dan negara.  Forum Jong Indonesia memiliki banyak gagasan besar yang jika diimplementasikan bisa memberikan kontribusi besar bagi negara dan bangsa.(der/sam/jpnn)


JAKARTA –  Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, saat melakukan audiensi dengan sekitar 25 anggota Forum Jong Indonesia, di Ruang Kerja Ketua MPR


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News