Ketua MPR Bambang Soesatyo Tegaskan Pancasila Layak Dijadikan Rujukan Peradaban Dunia

Ketua MPR Bambang Soesatyo Tegaskan Pancasila Layak Dijadikan Rujukan Peradaban Dunia
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (lima dari kanan) bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margon dan sejumlah menteri saat menghadiri upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Monas, Jakarta, Kamis (1/6). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan Pancasila layak dijadikan sebagai rujukan peradaban dunia.

Penegasan itu disampaikan Bamsoet yang akrab disapa seusai mengikuti upacara memperingati Hari Lahir Pancasila 2023 di Lapangan Monas, Jakarta, Kamis (1/6).

Dalam kesempatan itu, Ketua MPR Bamsoet didaulat sebagai pembaca teks Pancasila pada upacara yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Upacara Hari Lahir Pancasila bukan sekadar kegiatan seremonial, melainkan menjadi tambahan daya semangat bagi kita untuk senantiasa mengamalkan Pancasila dalam setiap gerak gerik kehidupan, baik di keluarga, masyarakat, hingga berbangsa dan bernegara," kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu menegaskan kita harus bangga memiliki Pancasila yang diperkenalkan pertama kalinya oleh Presiden Soekarno pada 1 Juni 1945 dalam sidang BPUPKI.

"Tidak hanya terbukti menyatukan dan menguatkan berbagai kemajemukan bangsa, Pancasila juga telah diakui berbagai kalangan dunia sebagai ideologi terbesar pada abad ke-21," ujar Bamsoet.

Ketua ke-20 DPR RI itu menyampaikan melalui Pancasila, Indonesia dipercaya menjadi pemimpin dalam berbagai organisasi dunia.

Antara lain mulai dari Presidensi G-20 pada 2021-2022, Keketuaan ASEAN 2023, Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020, serta Anggota Dewan HAM PBB periode 2020-2022.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengungkapkan banyak entitas internasional yang mengagumi Pancasila

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News