Ketua MPR Bamsoet Ingatkan Semua Kontestan Pemilu 2024, Jangan Bawa-Bawa Isu Agama!

Ketua MPR Bamsoet Ingatkan Semua Kontestan Pemilu 2024, Jangan Bawa-Bawa Isu Agama!
Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR  Bambang Soesatyo mengingatkan kepada semua kontestan Pemilu 2024 untuk mengedepankan kesantunan dalam berpolitik.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu mengingatkan tahun 2023 yang sebentar lagi akan menghampiri merupakan pintu masuk tahun politik.

Menurutnya, sudah menjadi pengalaman bersama bahwa kontestasi politik selalu berpotensi memicu eskalasi ketegangan politik dan rentan menyulut konflik horisontal.

"Buang jauh-jauh dikotomi politik yang menyebabkan perpecahan pada kutub-kutub yang berseberangan," pesan Bamsoet yang akrab disapa, Rabu (28/12).

Dia berpesan agar semua elemen masyarakat harus menjadikan Pemilu sebagai bagian penting dari proses pendewasaan politik dan proses pematangan demokrasi.

Ketua DPR RI ke-20 ini menegaskan tidak boleh ada lagi politik identitas yang membentuk polarisasi di tengah masyarakat.

Menurutnya, semua partai politik boleh saling bersaing untuk mendapat dukungan masyarakat, tetapi tidak dengan membawa isu agama, suku, ras yang mencederai demokrasi Indonesia.

"Bukan masanya lagi membawa-bawa isu agama, suku ataupun ras hanya untuk meraih suara terbanyak, tetapi menimbulkan dampak besar berupa perpecahan di kalangan masyarakat," tegasnya.

Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengingatkan kepada semua kontestan Pemilu 2024 untuk membuang jauh dikotomi politik yang menyebabkan perpecahan\

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News