Ketua MPR: Pramuka Membuat Pribadi Kita Unggul

Ketua MPR: Pramuka Membuat Pribadi Kita Unggul
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan bersama peserta Jambore Nasional Pramuka di Bumi Perkemahan, Cibubur, Jawa Barat, Selasa (16/8): FOTO: Dok.Humas MPR for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan hadir di tengah-tengah ribuan peserta Jambore Nasional Gerakan Pramuka X di Bumi Perkemahan Cibubur, Jawa Barat, Selasa (16/8) malam.

Dibantara pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berasal dari seluruh Indonesia. Zulkifli yang didampingi Kepala Basarnas F Henry Bambang Soelistyo, Anggota DPR Yayuk Basuki serta Muhammad Syarifudin, bersemangat membagi cerita masa remajanya.

Dalam rangkaian acara sosialisasi Empat Pilar MPR RI, Zulkifli mengaku aktif ikut pramuka sejak duduk di bangku sekolah dasar. Menurutnya, semua prestasi yang diraih selama ini tidak terlepas dari pelajaran hidup yang didapatkan dari kegiatan pramuka.

"Yang bisa menjadikan saya berprestasi, dari kecil sudah ikut pramuka. Jadi bekal latihan pramuka itulah yang membuat kita jadi pribadi yang unggul," ujar Zulkifli mengawali kegiatan tersebut.

Mantan Menteri Kehutanan tersebut mengatakan, saat ini siapa saja dan dari mana saja memiliki kesempatan yang sama untuk mengejar cita-citanya. Sehingga anak-anak yang berasal dari daerah tidak perlu merasa minder. "Semua terpulang pada diri sendiri," imbuhnya.

Karena itu pihaknya mengingatkan agar para tunas bangsa yang tergabung dalam Gerakan Pramuka, senantiasa menerapkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Dengan kata lain, apapun latar belakangnya harus saling menghormati dan menghargai satu sama lain.

Hal itu sejalan dengan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara. Sehingga semangat demokrasi Pancasila akan terus terjaga hingga di kemudian hari.

Sebelum menutup acara, Zulkifli sempat melakukan dialog interaktif dengan sejumlah peserta Jambore terkait berbagai isu kebangsaan.(fat/jpnn)


JAKARTA - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan hadir di tengah-tengah ribuan peserta Jambore Nasional Gerakan Pramuka X di Bumi Perkemahan Cibubur, Jawa Barat,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News