Ketua PBNU Zainal Abidin Rahawarin Raih Suara Terbanyak di Pemilihan Calon Pj Gubernur Maluku

Ketua PBNU Zainal Abidin Rahawarin Raih Suara Terbanyak di Pemilihan Calon Pj Gubernur Maluku
Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menerima kunjungan Zainal Abidin Rahawarin (kiri) di Jakarta, Rabu (6/12/2023). Foto: Antara/HO-Dokumentasi Pribadi

jpnn.com, MALUKU - Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Zainal Abidin Rahawarin mendapat suara terbanyak dalam pemilihan calon penjabat (Pj) Gubernur Maluku.

Rahawarin merupakan salah satu dari lima calon Pj Gubernur yang mengikuti pemilihan yang dilaksanakan DPRD Provinsi Maluku pada Rabu (29/11).

Rahawarin yang juga Rektor IAIN Ambon itu menang dalam pemilihan yang berlangsung dua putaran itu dengan meraup 21 suara dari 43 anggota DPRD Maluku yang mengikuti pemungutan suara.

Terkait hal ini, Rahawarin menyampaikan dirinya telah melaporkan hasil tersebut kepada Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya.

“Karena saya menjabat sebagai salah satu Ketua PBNU, saya melaporkan hasil itu kepada Gus Yahya. Gus Yahya merespons positif,” kata Rahawarin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

DPRD Maluku telah menetapkan tiga nama calon penjabat Gubernur Maluku yang telah dikirim kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri.

Ketiga nama tersebut, yaitu Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin (Rektor IAIN Ambon yang juga Ketua PBNU), Mayjen TNI Dominggus Pakel (Deputi II Bidang Operasi Keamanan Siber dan Sandi BSNN), dan Djufri Rahman (Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah MenPAN-RB).

Ketiga nama itu merupakan calon yang mendapat tiga suara terbanyak.

Ketua PBNU yang juga Rektor IAIN Ambon Zainal Abidin Rahawarin meraih suara terbanyak dalam pemilihan calon Pj Gubernur Maluku

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News