Ketua RT di Jember Jual Motor Kredit Berujung ke Penjara, Begini Kronologinya

Ketua RT di Jember Jual Motor Kredit Berujung ke Penjara, Begini Kronologinya
Kantor FIFGROUP Cabang Jember yang terletak di Komplek Pertokoan Mutiara Plaza, Jl. Diponegoro No.37, Tembaan, Kepatihan, Jawa Timur. Foto: Dokumentasi FIF GROUP

jpnn.com, JEMBER - Kasus yang menjerat seorang ketua rukun tetangga (RT) di Jember, Jawa Timur ini harus menjadi sebuah peringatan sekaligus pembelajaran.

Tindakan over alih kredit terhadap objek jaminan fidusia berupa kendaraan roda dua merek Honda tipe Vario yang dilakukan Syaiful Bahri sebagai salah satu debitur di FIF Group Cabang Jember berujung sampai ke penjara.

Perlu diketahui, pengalihan jaminan fidusia atau over alih kredit merupakan proses pengalihan kepemilikan suatu benda beserta dengan pembayaran angsurannya yang masih dalam status kredit kepada individu yang menjadi pihak ketiga.

Tindakan tersebut ilegal dan melanggar pidana apabila dilakukan tanpa sepengetahuan perusahaan pembiayaan suatu benda yang menjadi objek jaminan fidusia.

PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan salah satu perusahaan pembiayaan ritel terbesar di Indonesia mendapati adanya tindakan over alih kredit yang dilakukan Syaiful Bahri .

Syaiful Bahri harus menjadi terpidana lantaran secara ilegal atau tanpa sepengetahuan FIF GROUP Cabang Jember telah melakukan over alih kredit terhadap objek jaminan fidusia, berupa kendaraan roda dua merk Honda tipe Vario dengan nomor polisi P 6553 IH. 

Jaminan fidusia itu sendiri merupakan hak jaminan atas sebuah benda dalam proses kredit yang tetap berada di dalam penguasaan debitur sebagai agunan dalam pelunasan utang tertentu.

Dalam persidangan yang digelar dPengadilan Negeri Jember pada Senin (29/1/2024), Syaiful Bahri mengakui tindakan pidana yang telah dilakukan tersebut. 

Over alih kredit tanpa sepengetahuan perusahaan pembiayaan terkait merupakan tindakan pidana yang melanggar Pasal 23 Ayat 2 UU 42/1999 te

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News