Ketua Sabaki Cerita saat Curhat kepada Listyo Sigit Prabowo

Ketua Sabaki Cerita saat Curhat kepada Listyo Sigit Prabowo
Komjen Listyo Sigit Prabowo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Kesatuan Adat Kasepuhan Banten Kidul (Sabaki) Sukanta menyatakan mendukung Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang sebentar lagi memasuki usia pension.

Sukanta menyebut, saat menjadi Kapolda Banten 2016-2018, Listyo Sigit berhasil memperjuangkan terbitnya lima Surat Keputusan (SK) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tentang hutan adat untuk masyarakat kasepuhan.

Dikatakan Sukanta, dengan adanya SK tersebut, lahan yang ditempati ribuan warga itu kini sudah keluar dari areal taman nasional yang sebelumnya dikelola pemerintah.

"Tidak lama setelah kami ceritakan masalahnya (kepada) Pak Sigit dan beberapa menteri terkait, beberapa bulan kemudian langsung dikeluarkan SK-nya," ujar Sukanta melalui siaran pers di Jakarta, Senin (18/1).

Dengan SK tersebut, masyarakat kesepuhan kini bisa hidup tenang karena bisa mengatur dan mengelola lahan tersebut hingga tenggat waktu yang tidak ditentukan.

"Pak Sigit itu mau mendengarkan keluh kesah masyarakat meskipun yang dihadapi sangat sulit," tuturnya.

Sukanta menilai Listyo Sigit tipe pemimpin yang mau berbaur dan mendengarkan keluhan masyarakat.

"Pak Sigit ini orangnya bisa berdiri di tengah, bisa mengayomi semua masyarakat. Siapapun yang datang, beliau terima," kata Sukanta.

Ketua Sabaki Sukanta teringat jasa Listyo Sigit Prabowo saat menjabat Kapolda Banten.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News