Ketua Umum HIPMI Ajak Anak Muda Indonesia Melek Politik

Ketua Umum HIPMI Ajak Anak Muda Indonesia Melek Politik
Webinar Nasional Ketiga Taruna Merah Putih (TMP) dengan tema

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Mardani H Maming mengatakan di tengah pandemi COVID-19 sekarang ini, para pengusaha muda harus pandai berhemat.

Selain berhemat, pengusaha juga harus tahu di mana investasi jangka pendek dan di mana investasi jangka panjang.

“Karena, di tengah pandemi COVID-19, bertahan saja sudah sangat bagus," kata Mardani H Maming, saat menjadi narasumber Webinar Nasional Ketiga Taruna Merah Putih (TMP) dengan tema "Penguatan UMKM di Tengah Pandemi COVID-19" pada Minggu malam (26/7).

Selain Mardani, hadir sebagai nasrasumber Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Founder E Tani Davyn Sudirdjo serta petani dan peternak muda Rayndra Syahdan M. Acara dipandu oleh Sekjen DPP TMP, Restu Hapsari.

Menurut Mardani, kekurangan anak-anak muda dalam berbisnis adalah kadang kurang fokus. Begitu cukup lumayan dari satu bisnis, maunya merambah ke bisnis lain.

"Harusnya konsen di bisnis awal dan harus bisa kuasai dengan sempaurna bisnis dari hulu sampai ke hilirnya," jelas Mardani.

Dalam bisnis juga, Mardani menekankan adanya kolaborasi. Misalnya antara pengusaha muda dengan pemerintah harus sejalan.

"Jangan sampai pemerintah merasa pengusaha tidak maksimal, sementara pengusaha merasa sudah maksimal. Atau sebaliknnya," jelas Mardani.

Ketua Umum BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Mardani H Maming mengatakan di tengah pandemi COVID-19 sekarang ini, para pengusaha muda harus pandai berhemat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News