Ketum MAKSI: Mi Lentrek Kaya Beta Karoten, Inovasi Makanan Sehat Berbasis Sawit

Ketum MAKSI: Mi Lentrek Kaya Beta Karoten, Inovasi Makanan Sehat Berbasis Sawit
Ketum MAKSI Darmono Taniwiryono. Foto: dok. MAKSI

jpnn.com, SEMARANG - Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia (MAKSI) menyoroti pentingnya penguatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui inovasi dalam pemanfaatan produk-prodyk hilirisasi kelapa sawit.

Oleh karena itu, bersama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), MAKSI menggelar workshop bertajuk 'Penguatan Sarana Prasarana Pertanian dan Penyuluhan UKMK Petani Sawit Nasional) di Politeknik Negeri Semarang, pada 7-8 November 2023.

Dalam workshop tersebut, Ketua Umum MAKSI Darmono Taniwiryono menekankan beragam bahan baku dari kelapa sawit yang dapat diolah menjadi produk bernilai tambah tinggi, mulai dari lidi, pakan ternak, teh daun sawit, hingga biodiesel, dan minyak goreng.

"Terobosan ini menjadi langkah inovatif dalam memaksimalkan setiap elemen dari hasil olahan kelapa sawit, menciptakan nilai tambah yang beragam serta mendukung pertumbuhan ekonomi dalam sektor pertanian," ujar Darmono, dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/11).

Dalam rangkaian workhsop tersebut, Darmono juga turut melakukan sesi demo masak, yakni memasak mi lentrek yang diperkaya dengan beta karoten.

Dia mengatakan bahwa hal ini merupakan suatu inovasi yang menunjukkan beragam cara pemanfaatan produk hilirisasi kelapa sawit.

"Pelepah daun sawit, bunga jantan, dan brondolan busuk adalah sebagian dari bahan baku produk hilir yang dihasilkan saat Tandan Buah Segar (TBS) terjual," ungkapnya.

Menurut Darmono, ini menekankan bahwa tanpa pengolahan, TBS hanya menghasilkan sebagian kecil dari potensi produk hilir kelapa sawit. 

Ketum MAKSI Darmono Taniwiryono mengatakan mi lentrek kaya beta karoten dan menjadi inovasi makanan sehat berbasis kelapa sawit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News