Khawatir Keselamatan Pemudik di Tol Fungsional

Khawatir Keselamatan Pemudik di Tol Fungsional
Kemacetan di tol saat mudik. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, PEKALONGAN - Ketua DPRD Kabupaten Batang, Jateng, Imam Teguh Raharjo mengkhawatirkan keselamatan para pemudik yang akan melewati jalur tol fungsional Pemalang-Batang-Semarang saat musim mudik Lebaran 2018.

Pasalnya, kondisi jalur tol yang akan dilalui masih berstatus fungsional, atau belum sesuai spek dan kriteria semestinya.

“Rasa khawatir itu tetap ada. Mengingat jalur tol ini belum benar-benar sempurna. Terlebih, apabila cuaca tidak mendukung, dengan terus menerus turun hujan. Maka akan begitu membahayakan para pemudik kedepannya,” ujar Teguh, seperti diberitakan Radar Pekalongan (Jawa Pos Group).

Perlu diketahui bersama, dari hasil pantauan yang telah dilakukan mulai dari titik Warungasem sampai dengan Kalikuto, Gringsing, sepanjang jalan ini masih minim penerangan, minim rambu lalu lintas, pengamanan sisi kanan dan kiri juga tidak ada.

Selain itu juga akses untuk kendaraan juga belum baik, sehingga para pemudik nanti harus ekstra hati-hati dan waspada agar tidak mebahayakan keselamatan jiwa.

Kondisi jalan tol Pemalang-Batang-Semarang hingga kini masih terus dalam tahap pembangunan, Sejumlah ruas sudah mulai dicor dan bisa dilalui dengan baik. Namun ada juga yang baru dicor setengahnya, sehingga ada beda tinggi sekitar 40 cm yang cukup membahayakan.

Sementara itu, juga banyak terlihat di sepanjang ruas lain masih berupa tanah merah uruk, sehingga sangat berdebu, bisa menghalangi pandangan juga membuat sesak nafas dan mengganggu kesehatan. Apalagi kalau hujan mengguyur jalan ini, maka rawan berlumpur dan licin tentunya.

“Jujur, jalan semacam ini kalau cuacanya mungkin hujan, itu yang menjadi masalah. Dan itu sudah menjadi kodrat alam yang namanya hujan. Tapi ini terus terang saja, doa kami, semoga hujan agak kurang dan bahkan semoga tidak ada dalam pelaksanaanya nanti,” terangnya.

Jalur tol fungsional Pemalang – Batang - Semarang saat musim mudik Lebaran 2018 mendatang dinilai belum sesuai spek.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News